Kedua, Transisi ilmu dari Mbah Kyai Sholeh Darat kepada masyarakat melewati tafsirnya demi menumbuhkan rasa semangat juang, tertuang pada penafsiran surat al-Baqarah ayat 216.

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ ٢١٦

Kitab Tafsīr Faidl al-Rahmān

‘Wus diferduaken ingatase siro kabeh kelawan ferdhu kifayah apa jihad ing khale iku jihad sengit siro kabeh ing jihad kelawan watake iro kerana sangking abote lan kerana wedi mati lan menawa-menawa sengit sira ing sewiji barang ing khale iku barang luwih bagus kaduwe sira kabeh, menawa-menawa demen sira kabeh ing sewiji kelakuan ing khale iku kelakuan ing khale luweh ala kaduwe sira kabeh. Kerana demenane marang syahwat iku kang dadi majibake marang rusak ira. Lan malih kerana sengite nafs marang kelakuan ingkang abot-abot utawa ingkang sengit-sengit ing khale iku kang majibake hasile sa’adah al abadiyah. Menawa-menawa ingdalem jihad iku hasile bagus dunya lan ahirat lan tinggale iku hasile ala lan ina ingndalem dunya lan ahirat.utawi Allah iku wusndawuhi ingkang bagus. Lan utawi sira kabeh iku ora ana pada weruh ora manfaat utawa mudorroh. Ma’na al-isyari. Setuhune mateni nafsu lan merangi nafsu kerana arah demene marang Allah utawa kerana arah agamane Allah utawa kerana perintahe Allah iku lazim wajib fardu ‘ain ora keno ora. Qola ta’ala wa jahidu fi Allahi khaqqa jihadah. Tetapine wateke menusa ingndalem jihad iku sengit kang banget. Utawi hakikate jihad iku arep ngilangake wujude al-majazi. Kerana wujude ira iku khijabun baina al-‘abdi wa al-Rabbi. Kae paribasane ‘Arifin, wujuduka dhunub la yuqosu bihi dhunub. Menawa-menawa utawi sengit nafsu ilang wujude ing khale iku bagus kaduwe nafsu kerana bakal den genteni wujud majāzi dadi wujud hakiki. Lan menawa-menawa demene nafsu ing sewiji-wiji iku ala kaduwe nafsu, kaduwe demene nafsu marang tamata’ al-bahīmiyyah lan lizāti al-jismāniyyah kerana mengkunu iku dadi ngeputake sa’ādah al-abadiyyah lan lizāti al-ruhāniyyah lan ngaputake zauq al-mawāhib al-rubāniyyah.  Utawi iku wus weruh perkoro kang dadi ngerusaake nafsu ira. Utawi sira kabeh ora pada weruh ing setuhune uripe ati iku kelawan mateni nafsu, lan ingdalem uripe nafsu iku dadi mateni ati al-ruhaniyah.”

Tafsiran dari ayat tersebut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai berikut: Sudah diwajibkan kepada kalian semua yaitu fardhu kifayah untuk jihad yang kalian semua membencinya, watak kalian semua itu sangat berat dan karena takut mati. Dan barangkali bencinya kalian kepada sesuatu itu adalah suatu kebaikan buat kalian semua. Dan bisa saja kelakuan yang kalian sukai itu malah menjadi keburukan buat kalian. Karena kecenderungan terhadap syahwat itu mengharuskan kerusakan terjadi. Dan ketidaksukaan nafsu terhadap kelakuan yang berat atau dibenci itu malah suatu yang menjadikan kebahagiaan yang kekal. Bisa jadi dalam jihad itu baik buat dunia dan akhirat dan meninggalkan jihad itu hasilnya hina di dunia dan akhirat. Alloh itu sudah memberi tahu yang baik dan kalian tidak ada yang mengetahui manfaat dan mudhorot. Makna isyari, sesungguhnya mengalahkan hawa nafsu atau memeranginya dengan niat mencintai Alloh, atau karena ajaran agama Allah atau karena perintah Allah itu wajib bagi setiap orang tidak boleh tidak. Qola ta’āla wa jāhidu haqa jihādah. Tetapi wataknya manusia itu sangat tidak suka sekali dalam jihad. Hakikat jihad itu untuk menghilangkan hal bersifat majāzi. Karena wujud manusia itu khijāb baina al-‘abdi wa al-rabbi. Peribahasanya orang ‘ārifin, wujūduka dhunūb la yoqāsu bihi dhunūb. Bisa saja hilangnya nafsu itu bagus bagi nafsu itu sendiri karena akan diganti wujud majazi menjadi wujud hakiki. Dan bisa jadi senangnya nafsu terhadap sesuatu itu buruk bagi nafsu, menyenangi tamatta’ al-bahimiyah dan li zati al-jismāniyyah karena hal tersebut jadi menghalangi sa’ādah al-abadiyyah dan menghalangi perasaan al-mawāhib al-rubāniyyah. Atau kamu sudah mengetahui perkara yang merusak nafsu kamu dan kamu tidak tahu hakikat hidupnya hati dengan cara melawan nafsu. Dan dalam hidupnya nafsu itu menjadi penghalang dari hidupnya hati ruhani.

Dapat kita pahami runtutan peafsiran di atas yaitu pertama, dalam tafsir zhahir menyampaikan kewajiban jihad yang hukumnya fardhu kifāyah bagi kaum muslim. Dalam fardhu kifāyah itu Mbah Kyai Sholeh Darat menjelaskan akan kebencian nafsu untuk melaksanakannya karena beratnya berjihad dan takut akan mati. Kedua, menyampaikan kesadaran manusia akan ketidaktahuannya hasil dari melakukan jihad dan hasil jika meninggalkannya. Hal itu menegaskan kedudukan nafsu yang merusak jika dituruti dan baik jika dilawan.

Penafsiran isyari terhadap ayat berkonten kewajiban jidah bagi muslim di atas sangat menarik. Jihad yang notabene membutuhkan jiwa patriot, dalam makna isyarinya, Mbah Kyai Sholeh Darat menggiring pemahaman kepada nalar shufi-isyāri yang dapat kita lihat pada penekanan yang disampaikan tidak pada kewajiban untuk berjihad. Jika kita analogikan jihad itu sebagai bangunan, penafsiran isyāri di atas kita dapati penyusunan kontruksi dasar berupa pondasi untuk mendirikan jihad berupa kesadaran terhadap kebutuhan jiwa patriotisme demi gigihnya perjuangan umat muslim untuk menegakkan kebenaran karena Allah. Peran nafsu terhadap kualitas patriotisme seseorang sangat ditekankan dengan menyampaikan sangat diwajibkan untuk melawan hawa nafsu tanpa alasa apapun demi menegakan agama.

By Hisam Rais

Santri dan Mahasiswa. Setelah nyantri di Gontor melanjutkan ke Al-Iman Ponorogo dan Ponpes Padureso Kebumen. Menyelesaikan studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga dan kini tengah melanjutkan Magister Studi Islam di UIN Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *